Ini bun resep Membuat Soto Ayam Lamongan,yang simple dan mudah

Mari di coba resep yang satu ini bun Soto Ayam Lamongan ,cocok banget di nikmatin hujan-hujan gini selagi hangat mau pakai nasi juga oke,makyusss deh

Saya memasak soto ayam ini tanpa goreng menggoreng. Sengaja ayamnya ga saya goreng, karena mengurangi konsumsi minyak. Ayam juga ga saya suwir karena ga sempet

Selamat mencoba





Bahan-bahan:

  • 1/2 kg Ayam potong kecil 
  • 3 batang Sereh digeprek 
  • 2 cm Laos digeprek 
  • 2 cm Jahe digeprek 
  • 3 lembar Daun Jeruk 
  • Seledri 
  • Daun Bawang Prei 
  • 1/2 biji Pala 
  • Bumbu Halus : 
  • 6 buah Bawang Merah 
  • 3 siung Bawang Putih 
  • 2 buah Kemiri 
  • 1 sdt Ketumbar 
  • 2 cm Kunir 
  • Secukupnya Garam 
  • Secukupnya Merica
  • Secukupnya Gula 
  • 1.5 L Air 
  • Bahan Tambahan : 
  • 2 buah Telor Rebus 
  • 2 buah Kentang dikukus 
  • Daun Bawang Prei iris 1/2cm 
  • Seledri iris tipis 
  • Tomat segar 
  • Taoge Rebus 
  • Jeruk Nipis 


Langkah dan Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam dan didihkan bersama dengan 1.5L air, tambahkan daun seledri utuh dan irisan bawang prei. Siapkan bumbu halus dan bumbu cemplung. Haluskan kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit.
  2. Siapkan wajan teflon, tumis bumbu halus hingga harum. Saya menumisnya tanpa minyak. Lalu masukkan sereh, daun jeruk, laos dan jahe. Tumis hingga aroma keluar. Lalu pindahkan kedalam panci berisi rebusan ayam.
  3. Tambahkan garam, merica dan gula jika diperlukan dan rebus hingga matang. Test rasa. Jika suka, ayam bisa diangkat, tiriskan, goreng dan suwir-suwir utk penyajian. Tapi saya mengurangi konsumsi minyak. Jadi ayam tidak saya goreng. Rebus saja terus sampai matang. Saat hendak disajikan bisa ditiriskan dan didinginkan ayamnya lalu suwir-suwir.
  4. Rebus jadi satu telor dan kentang. Setelah matang dinginkan dan kupas kulitnya. Rendam soun dengan air panas hingga matang dan tiriskan. Untuk taoge juga saya rendam dengan air panas 3 menit kemudian saya tiriskan.
  5. Siapkan bahan campuran soto sehingga siap racik saat ingin menghidangkan.
  6. Susunan racikan untuk hidangan soto sesuaikan dengan selera kita aja Saya masukkan soun dulu di mangkok, kemudian taoge, irisan kentang, ayam, daun bawang prei, daun seledri, tomat dan telur. Kemudian siram dengan kuah soto yang masih panas.. Siram dengan air perasan jeruk nipis jika suka rasa asam. Siap disajikan 


Resep Kezia Haning

Tag : Ayam
Back To Top