Resep Membuat Agar-agar Wortel,yummyy simple ga pakai pewarna makanan

Ceritanya mau bikin salad. Eh, ternyata saya merebus wortelnya agak terlalu matang gara-gara saya tinggal sebentar untuk mengangkat jemuran karena tiba-tiba gerimis. (Lupa kalau wortel impor lebih cepat matangnya jika dibandingkan dengan wortel lokal, padahal kalau untuk salad sebaiknya wortelnya direbus 3/4 matang saja.) Sempat bingung wortel yang agak kematangan itu mau dikemanakan. Saya paling pantang mubazir makanan. Rasanya saya tidak sanggup membayangkan bagaimana bisa kita mubazir makanan, sedangkan di sekitar kita banyak orang yang kekurangan makanan... 
Tadinya saya mau bikin jelly wortel (jujur saya lebih suka tekstur jelly daripada tekstur agar-agar), tapi ternyata lagi gak punya stok jelly, cuma ada agar-agar di kabinet dapur saya. Berhubung saya malas pergi ke mini market cuma buat beli jelly, jadi yaudah deh saya bikin agar-agar aja...





Bahan-bahan:

  • 2 buah wortel impor ukuran sedang (kurleb 200gr) 
  • 100 gr gula pasir (boleh lebih jika suka manis) 
  • 900 ml air 
  • 1 bungkus agar-agar (saya pakai Swallow Globe) 
  • 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya 
  • sejumput garam 
  

Langkah dan Cara membuat:

  1. Potong-potong wortel lalu rebus hingga lunak. Tiriskan.
  2. Haluskan wortel dengan menggunakan blender. Tambahkan air secukupnya (ambil dari yang 900 ml). Setelah halus, saring puree wortelnya. Sisihkan.
  3. Siapkan panci. Masukkan gula pasir dan bubuk agar-agar (panci dalam keadaan masih kering), kemudian aduk (agar bubuk agar-agar tidak menggumpal ketika ditambahkan air). Tambahkan sisa air, puree wortel, air perasan jeruk nipis, dan garam. Masak dengan menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, tuang agar-agar ke dalam cetakan. Biarkan hingga mengeras, baru kemudian masukkan dalam lemari es. Setelah dingin dan benar-benar mengeras, keluarkan dari cetakan. Agar-agar wortel siap disajikan.
  5. Rasa manisnya pas, gak terlalu manis. Bau langu dari wortel juga gak berasa karena ada jeruk nipis, yang juga memberikan sensasi rasa asam yang bikin segar. Cocok banget nih buat camilan si kecil yang gak suka makan sayur... 



Resep Megie Yunita Maulid
 
Tag : Kreatif, Olahan
Back To Top