Resep Membuat Bolu Kukus Coklat Putih Telur mudah

Yuu bikin bolu,ga punya oven gampang selain di panggang bolu juga bisa dikukus kok,coba resep yang satu ini mudah dan simple...

Memanfaatkan putih telur yang sudah lama semedi di kulkas. Resep asli hanya 2 putih telur (resep sudah pernah saya posting sebelumnya berjudul steam cake putih telur), berhubung saya punya 3 gak papa lah saya pakai semua. Loyang saya pakai pyrex 10x10 cm. Kalau mau buat banyak, tinggal dikalikan saja ya bahannya. Hasil akhir cake ini moist, lembut, agak padat, nyoklat, gak bau telur. Enak banget buat teman minum kopi sore-sore sambil nonton drama Jepang kesayangan



Bahan-bahan:

  • 3 butir putih telur (resep asli 2 putel)  
  • 50 gram gula pasir (resep asli 60 tapi sengaja saya kurangi)
  • 1 sachet choco latte (semacam milo, kalau tidak ada boleh ganti milo)
  • 75 gram terigu segitiga  
  • 35 ml susu cair (boleh gati air)
  • 35 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt cake emulsifier
  • 1 sdt coklat bubuk good quality
  • Secukupnya rice chocolate (mesis)


Langkah dan Cara membuat:

  1. Ini choco latte yang saya pakai. Bisa diganti milo ya bu ibu. Atau, kalau tidak salah chocolatos mengeluarkan juga produk serupa. Minuman rasa coklat dan agak manis. Kalau mau skip tidak apa2.. gantinya gulanya tambahin dikit dan coklat bubuknya tambahin juga biar terasa coklatnya.
  2. Campur putih telur dan cake emulsifier, kocok hingga berbusa. Masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok sampai soft peak. Turunkan speed mixer paling rendah, lalu masukkan terigu, coklat, susu, minyak bergantian sedikit demi sedikit sampai rata. Adonan akhirnya kurang lebih seperti di atas.
  3. Olesi loyang dengan minyak goreng, tuang setengah adonan. Kukus 5 menit. Taburi mesis secukupnya, lalu tuang sisa adonan dan kukus kembali sekitar 10-12 menit hingga matang. Jangan lupa tes tusuk ya bu ibu.
  4. Dinginkan sebentar dan siap dipotong-potong. Taburan mesis memberikan efek layer macam brownies gitu bu ibu. Hihihi. Kue yang sudah saya potong saya masukkan ke wadah kedap udara dan disimpan di chiller. Nyusss yummy!!!



Resep


Tag : Kue
Back To Top